KH. Bahrul Hayat, MA, Ph.D

KH. Bahrul Hayat, MA, Ph.D

Wakil Ketua BPPMI

Bahrul Hayat yang dilahirkan dan dibesarkan di Tasikmalaya adalah birokrat karir dan pernah memegang jabatan sebagai Sekretaris Jenderal Kementerian Agama tahun 2006-2014 dan berbagai jabatan di Kementerian Pendidikan Nasional (sekarang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan), antara lain: Sekretaris Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Juru Bicara Kemendiknas, Sekretaris Badan Akreditasi Sekolah Nasional, dan Kepala Pusat Penilaian Pendidikan.

Bahrul Hayat memperoleh gelar sarjana (Drs.) dari IKIP Bandung (sekarang Universitas Pendidikan Indonesia) tahun 1984, gelar Master of Arts (MA) dari the University of Pittsburgh, Amerika, tahun 1989, dan gelar Doctor of Philosohy (Ph.D.)dari University of Chicago, Amerika, tahun 1992.

Saat ini Bahrul Hayat menjabat sebagai dosen tetap Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta untuk mata kuliah psikometrika, metodologi riset psikologi, dan pengembangan instrumen psikologi. Dalam bidang professional, Bahrul Hayat adalah Pendiri dan Ketua Umum Himpunan Evaluasi Pendidikan Indonesia (HEPI), anggota American Educational Reserach Association (AERA), dan anggota American Psychological Association (APA).

Bahrul Hayat juga aktif dalam berbagai organisasi social dan keagamaan, antara lain sebagai adalah anggota Indonesia-US Council on Religion and Pluralism (CRP) sekaligus sebagai Co-chair Interfaith Dialogue Working Group, anggota Dewan Pakar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Pembina Ikatan Guru Raudhotul Athfal (IGRA), anggota Indonesian Society for the Organization of Islamic Cooperartion (IS-OIC), dan Pembina YayasanPendidikan Islam Asysyifa.

Sejak tahun 2015, Bahrul Hayat menjadi Tim Ahli Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) dan Badan Akreditasi Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Bahrul Hayat menulis beberapa buku dan paper ilmiah dalam bidang psikometrika, pendidikan dan agama. Publikasi dalam bentuk buku, antara lain: Mengelola Kemajemukan Umat Beragama (2012), Benchmark Internasional Mutu Pendidikan (2010) Khazanah dan Praksis Pendidikan Islam di Indonesia (2012), Arah Pembaharuan Pendidikan Indonesia (2012), dan Dampak Sertifikasi Guru (2015).