Perpustakaan Istiqlal

Perpustakaan Istiqlal

Perpustakaan Istiqlal pada awalnya dirintis oleh Pusat Dakwah Islam Indonesia (PDII) dengan nama Pusat perpustakaan Islam Indonesia (PPII) sebagai tindak lanjut dari rekomendasi Seminar Nasional Dakwah tahun 1969 bahwa di lingkungan Masjid Istiqlal perlu dibentuk sebuah perpustakaan Islam dalam rangka memenuhi kebutuhan sumber informasi Islam bagi para ulama dan masyarakat Islam pada umumnya. Sebagai modal dasar, Presiden RI melalui DIP pada tahun 1973/1974 memberikan bantuan sebesar 50.000.000 (lima puluh juta rupiah) untuk pengadaan koleksi dan sarana perpustakaan.

Karena kondisi dan tempat yang belum memungkinkan pada saat Masjid Istiqlal sedang dibangun, maka untuk sementara PPII ditempatkan di komplek Museum Fatahillah Jakarta Kota, kemudian pada tahun 1975 kegiatan PPII dipindahkan ke Wisma Sejahtera unit IAIN (Sekarang UIN) di Ciputat dan tahun 1977 dipindahkan lagi ke komplek pendidikan Yayasan Said Naum di Jl Kyai Mas Mansur Tanah Abang, Jakarta Pusat. Akhirnya setelah berpindah pindah tempat, pada tahun 1980 PPII mulai dipindahkan ke Masjid Istiqlal dan menempati ruang 7 lantai dasar Masjid Istiqlal

Visi dan Misi

Visi : Terwujudnya Perpustakaan Islam Modern dengan koleksi yang berkualitas, sistem pengelolaan yang mutakhir dan sumber daya manusia yang professional.

Misi :

a. Membangun dan mengembangkan perpustakaan Islam, berbasis teknologi, informasi yang meliputi perpustakaan dewasa dan perpustkaan anak.

b. Membangun ketenagaan perpustakaan Islam.

c. Membangun dan mengembangkan jaringan informasi Islam.

d. Menerbitkan publikasi Islam.

Tujuan

a. Meningkatkan pengetahuan kaum muslimin dalam rangka pembangunan manusia Indonesia seutuhnya dan masyarakat seluruhnya berdasarkan pancasila dan Undang Undang Dasar 1945.

b. Meningkatkan pengertian dan kesadaran kaum muslimin akan ajaran agamanya dalam menunjang pembangunan di segala bidang

c. Membantu Pemerintah dan masyarakat pada umumnya dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa melalui peningkatan budaya baca.

d. Menignkatkan profesionalitas ketenagaan perpustakaan masjid

e. Mewujudkan pusat pengkajian Islam melalui jaringan perpustakaan Islam.

Fungsi

a. Menyediakan sumber-sumber informasi Islam meliputi buku-buku keagamaan dan pengetahuan umum lainnya di Masjid Istiqlal.

b. Merintis berdirinya perpustakaan masjid dan taman bacaan masyarakat.

c. Menyelenggarakan koordinasi dan kerjasama perpustakaan masjid dan perpustakaan Islam lainnya serta dengan lembaga lembaga perpustakaan, dokumentasi dan informasi pada umumnya melalui system jaringan informasi Islam.

d. Mengadakan pembinaan dan pelatihan perpustakaan Masjid dan Perpustakaan Islam.

e. Melakukan pengkajian-pengkajian Islam dan temu ilmiah keagamaan .

f. Mengadakan kegiatan (peningkatan budaya baca masyarakat).

g. Menyelenggarakan penerbitan monografi dan majalah Islam.

Lingkup Kegiatan

Sejalan dengan fungsinya sebagai pusat informasi Islam dan lembaga pengembangan kemasyarakatan, PPII melakukan berbagai kegiatan Antara lain.

a. Menyelenggarakan Perpustakaan Islam.

b. Mengembangkan jaringan Perpustakaan Islam.

c. Menyelenggarakan berbagai temu karya dan temu Ilmiah.

d. Menerbitkan berbagai publikasi Islam.

e. Menyelenggarakan dokumentasi literer Islam.