KUNJUNGAN CENTRE FOR DEFENCE AND STRATEGIC STUDIES KE MASJID ISTIQLAL

KUNJUNGAN CENTRE FOR DEFENCE AND STRATEGIC STUDIES KE MASJID ISTIQLAL

PRESS RELEASE KUNJUNGAN CENTRE FOR DEFENCE AND STRATEGIC STUDIES KE MASJID ISTIQLAL

Centre for Defence & Strategic Studies (CDSS) Australia Kunjungi Masjid Istiqlal

Jakarta, 23 Juli 2017, Wakil Ketua Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal (BPPMI), Bapak Bahrul Hayat, Ph.D. menerima kunjungan delegasi dari Centre for Defence & Strategic Studies (CDSS) Australia di ruang VVIP Masjid Istiqlal. Delegasi terdiri dari 14 orang dipimpim oleh Maj. Gen. Simone Wilkie (Command Australia Defence College).

Centre for Defence and Strategic Studies adalah salah satu program studi dari Australian Defence College yang berdiri tahun 2001 berkantor pusat di Canberra-Australia.

Kunjungannya ke Indonesia dalam rangka mempelajari aspek social politik Indonesia dari dekat.
Delegasi menyampaikan apresiasinya terhadap komitmen bangsa Indonesia kepada Pancasila sebagai dasar Negara.

Menjawab pertanyaan Delegasi perihal apakah bangsa Indonesia mengalami rintangan dalam mempertahankan pancasila sebagai dasar Negara, Bahrul Hayat, menjelaskan, bahwa dalam sejarahnya di awal berdirinya, Republik Indonesia mengalami beberapa rintangan ideologis. Namun berkat pertolongan Tuhan semua rintangan tersebut dapat dilaluinya.

Usai berdialog di ruang VVIP, Wakil Ketua didampingi Kabag Protokol mengajak tamunya melihat-lihat arsitektur masjid serta bagian-bagian penting selain menjelaskan filosofi arsitektur Masjid Istiqlal.

Ketua delegasi, Mr. Simone dan rombongan menyatakan kekagumannya kepada arsitektur masjid Istiqlal sebagai lambang kemerdekaan dan toleransi di Indonesia.

Delegasi juga menyampaikan bahwa kunjungannya ke Indonesia mendapat banyak pelajaran berharga mengenai makna kemerdekaan, persatuan dan toleransi beragama di Indonesia, dan menambahkan bahwa toleransi beragaman di Indonesiadapat dijadikan contoh bagi bangsa lain.

Sebelum mengunjungi Masjid Istiqlal, Mr. Simone dan Rombongan terlebih dahulu mengunjungi Monumen Nasional yang terletak sangat dekat dari Masjid Istiqlal berada, dan juga beberapa wisata kota yang terdapat di Ibukota Jakarta. (HS-BSA)