DIALOG INTERFAITH SCHOLARSHIP UNI EROPA DI MASJID ISTIQLAL

DIALOG INTERFAITH SCHOLARSHIP UNI EROPA DI MASJID ISTIQLAL

PRESS RELEASE DIALOG INTERFAITH SCHOLARSHIP UNI EROPA DI MASJID ISTIQLAL

Wakil Ketua Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal, Bahrul Hayat, pimpin dialog lintas agama Indonesia Uni Eropa yang diikuti oleh Sembilan peserta dari negara negara Eropa, di ruang VVIP Masjid Istiqlal, 25 Juli 2017.

Indonesia mempererat kerjasama dengan Uni Eropa melalui program Indonesian Interfaith Scholarship (IIS) atau program beasiswa lintas iman. Program ini merupakan yang keenam setelah dimulai tahun 2012 lalu sebagai tindak lanjut dialog antar agama yang diselenggarakan Indonesia dan Parlemen Uni Eropa di Brussel, Belgia.

Bahrul Hayat, mengatakan, program ini sebagai jembatan kerja sama Indonesia dan Uni Eropa.

Melalui program IIS ini, Kementerian Agama memberikan kesempatan kepada para delegasi untuk melihat langsung kondisi Indonesia, khususnya di bidang keanekaragaman budaya, agama, dan sosial.

Para delegasi diajak berkunjung ke Jakarta, Semarang, Yogyakarta, dan Denpasar. Mereka mengunjungi sejumlah universitas, tempat ibadah, lembaga sosial keagamaan, dan berdialog dengan tokoh-tokoh agama serta masyarakat tentang kerukunan umat beragama di Indonesia.

Wakil Ketua BPPMI menegaskan “Semua delegasi program ini bisa menjadi duta Indonesia dalam mempromosikan kehidupan beragama dan budaya Indonesia kepada dunia, khususnya masyarakat Eropa,”

Para peserta menyatakan ketertarikanya pada kehidupan  beragama di Indonesia yang toleran serta hubungan harmonis antara umat beragama dengan negara.

Dalam dialog tersebut Wakil Ketua BPPMI, Bahrul Hayat, didampingi Kepala Bagian Kerjasama Kelembagaan, Bukhori SA,  Kepala Bagian Protokol, Abu Hurairah Abdussalam dan Kepala Bidang PKUB Kementerian Agama, Aliefosra Nur dan beberapa personil lainya. (BSA)