Dialog Kebangsaan antar Agama Digelar di Masjid Istiqlal

148

Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan ideologi Pancasila (BPIP), Megawati Sukarno Putri pimpin dialog kebangsaan antar agama di Masjid Istiqlal. (16/5)

Dialog yang dihelat  dalam rangka memperingati hari lahir pancasila 1 Juni tersebut dihadiri oleh para tokoh pemuka agama agama yang ada di Indonesia ; Islam, Katolik, Protestan, Hindu, Budha dan Konghucu.

Menyampaikan pernyataan sikapnya pada urutan pertama, Imam Besar Masjid Istiqlal, Prof. DR. Nasaruddin Umar mengatakan :

” Peristiwa ini mengingatkan kita pada peristiwa pada zaman Nabi Muhammad SAW, dimana beliau pernah menerima 60 tokoh agama di masjid Nabawi. Bahkan ketika salah seorang tokoh tersebut minta izin untik melakukan ritual keagamaanya, namun di lokasi terdekat tidak terdapat tempat ibadah bagi agamanya, maka Nabi mempersilahkannya untuk.melakukan ritual sebuah bangunan tidak jauh dari Masjid Nabawi”.

Secara berurutan, semua tokoh agama menyampaikan padangannya, masing masing Islam, Katolik, Protestan, Hindu, Budha dan Konghucu. mereka sepakat tentang pentingnya ideologi Pancasila sebagai Dasar Negara Republik Indonesia.

Dialog diakhiri dengan penyampaian pandangan tentang ideologi Pancasila oleh Ibu Megawati Soekarno Putri. Selain menguraikan makna Pancasila, Megawati juga mensinyalir bahwa masih ada polemik tentang siapa pencetus Pancasila yang pertama kali

Selain para tokoh  agama, hadir dalam acara tersebut antara lain, Ketua BPIP, Yudi Latif,  Wakil Ketua MPR, Perwakilan dari Kapolda dan para tamu undangan dari berbagai ormas di Indonesia. (Humas –bsa)