KUNJUNGAN DELEGASI CENTRE FOR DEFENCE AND STRATEGIC STUDIES (CDSS) AUSTRALIA KE MASJID ISTIQLAL

102

Selasa, 23 Oktober 2018, Delegasi Centre for Defence and Strategic Studies (CDSS) setingkat Lemhanas yang berkedudukan di Canberra, Australia, terdiri dari 56 Perwira berpangkat Kolonel dan Letnan Kolonel dari berbagai negara antara lain : Perwira dari Australia, USA, India, Pakistan, Nigeria, Yordan, Malaysia, Singapura dan Indonesia, mengunjungi Masjid Istiqlal.

Kunjungan ini merupakan bagian dari acara Field Applications and Research di Indonesia, untuk mengetahui lebih jelas tentang Masjid Istiqlal, mulai dari awal pendiriannya, peresmian penggunaannya dan perawatannya, serta aktifitasnya, termasuk dalam membina Kerukunan Hidup Beragama di Indonesia yang beraneka ragam pemeluk agamanya dikaitkan dengan upaya memelihara stabilitas keamanan.
Delegasi dipimpin oleh Colonel Charles Weller, Acting Principle of CDSS dan didampingi oleh Atase Angkatan Laut Kedubes Australia di Jakarta, Captain Matt Brown.

Delegasi CDSS Australia disambut dan diterima oleh Ketua Badan Pelaksana Pengelola Masjid Isriqlal (BPPMI) Laksamana Pertama TNI (Pur) Asep Saepudin, Sekretaris BPPMI H. Rusli Effendi, dan lain-lain.

Dalam sambutan penerimaan, Ketua BPPMI menyampaikan Selamat Datang dan terima kasih atas kunjungan para Perwira yang sedang mengikuti pendidikan di CDSS Australia yang sangat bermanfaat untuk memelihara dan meningkatkan persahabatan antar negara delegasi di masa depan. Ketua BPPMI juga menjelaskan seputar Masjid Istiqlal.

Acara kunjungan dilanjutkan dengan penyerahan cindera mata dari kedua belah pihak, serta keliling Masjid Istiqlal terutama Lantai Utama Masjid Istiqlal, mereka kagum dengan bentuk Masjid Istiqlal yang arsiteknya Frederic Silaban pemeluk agama Kristen, sedang masjidnya digunakan oleh umat Islam. Hal ini menunjukkan harmonisnya hubungan antar umat beragama di Indonesia, ditambah lagi posisi Masjid Istiqlal berhadapan dengan Gereja Catedral tempat ibadahnya umat Katolik. Very good, kata Colonel Charles pimpinan rombongan Delegasi. (Jakarta, 23 Oktober 2018).