• THE BEAUTY OF OBEDIENCE
  • WELCOME TO ISTIQLAL MOSQUE
    The largest and the bigest mosque in the South East Asia
  • THE COMFORTABLE AND CALM ATMOSPHERE
    You will feel a different feeling on you first step in to this mosque
KABAR ISTIQLAL
SEKILAS ISTIQLAL

Masjid Istiqlal dibangun sebagai perwujudan rasa syukur atas kemerdekaan bangsa Indonesia.
Jakarta ini memiliki beberapa keunikan, diantaranya:

Baca Selengkapnya

MEMILIKI KUBAH BERUKURAN RAKSASA

Masjid Istiqlal memiliki kubah utama dengan ukuran besar yang tersusun dari rangka baja anti karat. Bentang diameter kubahnya adalah 45 meter, dan ditopang oleh 12 pilar besar yang tersusun melingkar.

Baca Selengkapnya

MEMILIKI BEDUK BERUKURAN RAKSASA

Masjid Istiqlal memiliki beduk raksasa yang dinobatkan sebagai yang terbesar di nusantara. Panjangnya 3 meter, dengan berat 2,30 ton, terbuat dari kayu meranti merah berumur 300 tahun.

Baca Selengkapnya

DIBANGUN BERTEPATAN MAULID NABI

Pemancangan tiang pertama dilakukan oleh Presiden Ir. Soekarno pada tanggal 24 Agustus 1961 bertepatan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam.

Baca Selengkapnya

MEMILIKI 7 PINTU BERNAMA ASMA AL HUSNA

Masjid Istiqlal memiliki tujuh pintu masuk yang diberi nama berdasarkan Asma al Husna, yaitu Al Fattah, As Salam, Ar Rozzaq, Al Quddus, Al Malik, Al Ghaffar, dan Ar Rahman.

Baca Selengkapnya

ISTIQLAL BERMAKNA MERDEKA

Istiqlal diambil dari bahasa Arab yang berarti merdeka. Masjid ini dibangun untuk menghormati para pejuang muslim yang gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan sekaligus menggambarkan rasa syukur kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala atas limpahan rahmat berupa kemerdekaan bangsa.

Baca Selengkapnya

ARSITEK MASJID ISTIQLAL

Masjid megah berarsitektur modern ini diarsiteki oleh Frederich Silaban. Pria kelahiran Sumatera Utara ini ditetapkan sebagai pemenang sayembara desain Masjid Istiqlal (th. 1955) yang kala itu dewan jurinya diketuai oleh Presiden Ir. Soekarno dengan beranggotakan para arsitek dan ulama. Sebagai pemenang, Frederich Silaban berhak mendapatkan medali emas seberat 75 gram dan uang tunai Rp. 25.000.

PELAYANAN

Masjid Istiqlal selain sebagai pusat ibadah, juga memberikan pelayanan lain yang dapat dinikmati oleh masyarakat
guna meningkatkan kualitas penghambaan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala

Baca Selengkapnya

Bimbingan dan Pembinaan Muallaf

Masjid Istiqlal sebagai masjid negara memberikan pelayanan kepada masyarakat yang ingin memeluk agama Islam dengan membimbing proses menjadi seorang muslim hingga memahami hak dan kewajiban yang diembannya setelah menjadi seorang muslim

Baca Selengkapnya

Konsultasi Pernikahan & Keluarga

Masjid Istiqlal bekerjasama dengan Badan Penasihatan, Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan (BP4) yang berada di bawah Kementerian agama melayani konsultasi Pernikahan dan Keluarga bagi jamaah atau masyarakat.

Baca Selengkapnya

Panduan Wisata Religi Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal ini juga menjadi salah satu daya tarik wisata yang terkenal di Jakarta. Kebanyakan wisatawan yang berkunjung umumnya wisatawan domestik, dan sebagian wisatawan asing yang beragama Islam.

Baca Selengkapnya

Perpustakaan Istiqlal

Perpustakaan Istiqlal pada awalnya dirintis oleh Pusat Dakwah Islam Indonesia (PDII) dengan nama Pusat perpustakaan Islam Indonesia (PPII) sebagai tindak lanjut dari rekomendasi Seminar Nasional Dakwah tahun 1969 bahwa di lingkungan Masjid Istiqlal perlu dibentuk sebuah perpustakaan Islam dalam rangka memenuhi kebutuhan sumber informasi Islam bagi para ulama dan masyarakat Islam pada umumnya.

Baca Selengkapnya

Madrasah Istiqlal

Masjid Istiqlal memiliki sebuah Madrasah yang berada dibawah naungan Yayasan Istiqlal Indonesia. Madrasah Istiqlal sebagai Madrasah satu atap diawali dengan penyelenggaraan Taman Kanak-Kanak Islam/Raudhatul Athfal pada tanggal 26 Juli 1999 atas arahan Ketua Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal pada saat itu Bapak Drs. H. Mubarok, M.Si. Penyelenggaraan Taman Kanak-Kanak Islam Istiqlal ditetapkan dengan surat keputusan Nomor: 14/SK/BPPMI/VII/2001, dengan penanggung jawab Ibu Hj. Nibras OR. Salim (ketua umum BPTKI pada saat itu), yang dalam perkembangan selanjutnya disebut dengan pendidikan anak usia dini (PAUD).

Manajemen

Masjid Istiqlal di kelola oleh sebuah badan yang dibentuk oleh pemerintah yang bernama
Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal.

K.H. Asep Saepudin
Ketua BPPMI

H. Bahrul Hayat, Ph.D.
Wakil Ketua BPPMI

H. Rusli Effendi, S.Pd.I, SE, M.Si.
Sekretaris BPPMI

Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar, MA.
Imam Besar Masjid Istiqlal

Sponsor dan Donatur